langkah menuju izin usaha impor id

Sebelumnya, Izin Usaha dikenal sebagai Izin Usaha Tetap, yang diterbitkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) kepada perusahaan yang didirikan didalam kerangka perusahaan investasi asing (PMA), diberikan sebagai Izin operasi untuk lakukan kesibukan bisnis komersial di bidang perdagangan barang atau jasa.

blueraycargo.id

Sesuai bersama dengan ketentuan terbaru yang dikeluarkan terhadap awal tahun 2015, seluruh perusahaan asing baru dan perusahaan asing lama yang tetap belum punya izin bisnis diharuskan punya laporan keuangan teraudit sebelum mereka sanggup mendaftarkan izin bisnis permanen dan terhitung izin yang berhubungan lainnya izin import id ini yang mana amat mutlak bagi seluruh perusahaan. Melalui ketentuan baru ini, pemerintah ingin menegaskan bahwa seluruh perusahaan investor punya rencana investasi secara riil dan tidak sekedar menyatukan laporan rencana investasi ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) didalam selembar kertas, seperti yang udah berjalan sebelumnya.

Setelah mencukupi seluruh syarat-syarat dokumentasi, pemrosesan aplikasi izin bisnis membutuhkan selagi 14 hari kerja.

Sebuah izin bisnis biasanya berlaku sepanjang 30 tahun

Memperoleh izin impor Indonesia merupakan syarat mutlak untuk bisa mengimpor barang ke pasar Indonesia. Perizinan terbatas terhadap industri khusus dan tidak diperbolehkan mengimpor barang yang tidak berkenaan bersama dengan sektor bisnis. Berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan terhadap th. 2011, perusahaan hanya boleh memiliki satu type izin impor.

Dalam rangka mengimpor barang-barang Anda ke Indonesia, Anda membutuhkan Nomor Pengenal Importir Indonesia, juga dikenal sebagai Angka Pengenal Importir (API). Ada sebagian type Nomor Pengenal Importir Indonesia:

Izin Impor Umum, juga dikenal sebagai API Umum (API-U)

Izin impor ini bisa digunakan untuk mengimpor product menjadi atau barang yang diperdagangkan bersama dengan pihak ketiga. Aplikasi untuk API Umum memakan selagi kira-kira 2 bulan.

Izin Impor Produsen, juga dikenal sebagai API Produsen (API-P)

Izin ini khusus digunakan untuk mengimpor bahan baku dan product belum menjadi serta barang-barang untuk sistem produksi. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 39/2010 memungkinkan pemegang lisensi API-P untuk mengimpor sebagian type product jadi, sebagian besar terjalin bersama dengan sistem produksi.

Izin Impor Terbatas, juga dikenal sebagai API Terbatas (API-T)

Izin ini bisa digunakan sebagai nomor identifikasi importir terbatas dan diperoleh melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM). Barang impor di bawah APIT dikenai potongan pajak sebesar 2,5%  yang lebih kecil dibandingkan bersama dengan tariff pajak normal sebesar 7,5%.